Minggu, 18 Mei 2008

JIBRIL / GABRIEL


Jibrail (or Jibraaiyl or Jibril or Gabriel in English). Jibra'il is the Archangel responsible for revealing the Qur'an to Muhammad, verse by verse. Jibra'il is known as the angel who communicates with (all of) the Prophets. He is mentioned specifically by name and as the Holy Spirit in the Qur'an.

Gabriel's physical appearance is described in the Hadith (4:54:455):

Narrated By Abu Ishaq-Ash-Shaibani: I asked Zir bin Hubaish regarding the Statement of God:

"And was at a distance Of but two bow-lengths Or (even) nearer; So did (God) convey The Inspiration to His slave (Gabriel) and then he (Gabriel) Conveyed (that to Muhammad). ([Qur'an 53:9])

On that, Zir said, "Ibn Mas'ud informed us that the Prophet had seen Gabriel having 600 wings."

Gabriel is regarded with the exact same respect by Muslims as all of the Prophets, and upon saying his name or referring to him a Muslim repeats: "upon him be peace". Gabriel's primary tasks are to bring messages from God to His messengers. As in Christianity, Gabriel is said to be the angel that informed Mary (Arabic Maryam) of how she would conceive Jesus (Isa)

Muslims believe Gabriel to have accompanied Muhammad in his ascension to the heavens, where Muhammad also is said to have met previous messengers of God, and was informed about the Islamic prayer.

Malaikat Jibril adalah malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu. Malaikat Jibril adalah satu dari tiga malaikat yang namanya disebut dalam Al Quran. Nama Malaikat Jibril disebut dua kali dalam Al Quran yaitu pada surat Al Baqarah ayat 97-98 dan At Tahrim ayat 4.

Bentuk fisik Ruhul'qudus (Djibril) Bentuk fisik Ruhul'qudus, ada tertera dalam uraian mengenai kisah nabi Muhammad, kala beliau mendapat wahyu kali ke dua, dan nabi menuntut untuk bertemu atau melihat rupa asli sang utusan tuhan dari langit dalam rupa yang asli, atau bagaimana sesungguhnya dzat wujud Djibril tanpa rupa samar, sebagaimana di kali-kali yang lain, sang utusan (ruhul'qudus) selalu nampak dalam rupa seorang manusia biasa.

Ruhul'Qudus ; Tampak wujudnya dengan enam ratus sayap antara masrik dan magribh, (barat-timur) sayap dan busana kebesarannya putih laksana mutiara yang larut, dengan rupa yang begitu elok dan rupawan, dan dengan kekuatan yang dahsyat penuh mukzijat.

Katakanlah: "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman. Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir.

Malikat Jibril adalah malaikat yang menyampaikan berita kelahiran Nabi Isa (lihat di artikel Isa) kepada ibunya Siti Maryam dan juga malaikat yang menyampaikan Al'Quran kepada Nabi Muhammad.

Dalam kisah suci perjalanan Isra' Mi'raj, sesampainya di pos perjalanan Sidratul Muntaha, Malaikat Jibril tidak sanggup lagi mendampingi Rasulullah untuk terus naik menghadap kehadirat Allah SWT;

beliau berkata : "Aku sama sekali tidak mampu mendekati Allah, perlu 60.000 tahun lagi aku harus terbang. Itulah jarak antara aku dan Allah yang dapat aku capai. Jika aku terus juga ke atas, aku pasti hancur luluh".

Maha Suci Allah, ternyata Malaikat Mulia Jibril AS pun tidak sampai kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar: